7 Penyanyi Jerman Terfavorit Versi Saya (Bagian 1)
Music,  EU

7 Penyanyi Jerman Terfavorit Versi Saya (Bagian 1)

Hits: 189

Jerman paling terkenal dengan sistem pendidikannya yang gratis dan kehebatan teknologinya. Sayangnya banyak yang tidak tahu kalau ternyata Jerman juga menghasilkan musisi internasional yang keren-keren. Deretan penyanyi Jerman terkenal seperti The Scorpions, Cascada, Milli Vanilli, Sasha, Gil Ofarim, Lou Bega, Alphaville, Kim Petras dan masih banyak lainnya.

Lagu berbahasa Jerman yang saya dengar pertama kali adalah Du yang dinyanyikan oleh David Hasselhoff dan 99 Luftballoons yang dinyanyikan oleh Nena. Perjalanan saya di Jerman di tahun 2005 mendorong keingintahuan saya akan kebudayaan dan trend musik di Jerman. Sejak saat itu, saya pun mulai mencari tahu siapa saja penyanyi Jerman yang sedang trending.

Ada banyak penyanyi Jerman dengan berbagai jenis musik yang menghasilkan banyak lagu-lagu yang enak didengar dan tidak kalah dengan penyanyi asing lainnya. Di artikel ini saya akan berbagi tujuh penyanyi Jerman terkenal terfavorit versi saya yang mungkin bisa menambah daftar referensi musik internasionalmu.

Xavier Naidoo

Xavier Naidoo adalah salah satu penyanyi solo yang terkenal di Jerman. Sebelumnya, saya tahu Xavier Naidoo dari sebuah band asal Jerman yaitu Söhne Mannheims di tahun 2005.

Penasaran dengan grup band tersebut, saya pun mencari tahu siapa penyanyi Jerman dengan suara yang unik tersebut. Berbeda dengan nama Jerman kebanyakan, ternyata ia memiliki darah Jerman dan Asia (India dan Mesir).

Menurut saya, suaranya sexy dan dapat menghipnotis para pendengarnya. Jenis musik R&B dan Soul memang pas banget sama suaranya yang sedikit serak. Selain sebagai penyanyi solo, ia juga seorang pencipta lagu.

Lagunya yang paling saya suka saat bersama Söhne Mannheims adalah Und wenn ein Leid (And if a song). Sedangkan lagu solonya yang saya suka adalah Ich kenne nichts (I know nothing).

Juli

Juli adalah sebuah group band Jerman yang beranggotakan Eva Briegel (vokalis), Simon Triebel (gitar), Jonas Pfetzing (gitar), Andres Herde (bass), Marcel Römer (drum). Genre musik yang dimainkan oleh mereka adalah pop rock.

Lagu pertama yang saya suka adalah Perfekte Welle (Perfect Wave). Lagu tersebut adalah lagu debut mereka di tahun 2004 dan berhasil masuk menjadi top 10 selama 11 minggu. Kabarnya, lagunya tersebut sempat ditarik atau tidak diputar pada saat ada musibah tsunami di Asia.

Lagu lainnya yang saya suka dari Juli adalah Regen und Meer (Rain and Sea) dan Wir Beide (Both of us). Lagu terbarunya di tahun 2019 ini adalah Fahrrad (Sepeda).

Nena

Nena yang memiliki nama asli Gabriele Susanne Kerner adalah salah satu penyanyi Jerman perempuan bergenre pop rock. Penyanyi  satu ini sudah melintang di dunia musik sebelum saya lahir.

Lagunya yang paling dikenal adalah 99 Luftballoons yang juga dinyanyikan dalam bahasa Inggris dengan judul 99 red balloons. Walau versi bahasa Inggrisnya bisa menjadi #1 di Inggris, tapi lagu aslinya yang berbahasa Jerman ternyata lebih dikenal di dunia internasional.

Lagu lainnya yang menjadi favorit saya adalah Willst du mit mir gehen ( Do you wanna go with me) dan Irgendwie Irgendwo Irgendwann (Somehow, somewhere, sometime).

Baca juga: [RESENSI FILM] Little Forest Versi Jepang: Summer, Autumn, Winter, Spring

Wir sind Helden

Wir sind Helden berarti we are heroes. Grup band yang berasal dari Hamburg dan bergenre pop-rock ini beranggotakan Judith Holofernes (vokalis dan gitaris), Pola Roy (drummer), Mark Tavassol (bass) dan Jean-Michel Tourette (keyboardis/gitaris).

Saya menyukai semua lagu-lagunya karena hampir semua lagunya bernada ceria walau liriknya ada yang sedih juga. Saya paling suka lagu-lagunya yang berjudul Nur Ein Wort (Only one word)Denkmal (Monument) dan Aurélie.

Silbermond

Grup musik asal kota Bautzen, Jerman ini beraliran rock. Band ini beranggotakan Stefanie Kloß, Andreas Nowak, Johannes dan Thomas Stolle. Lagu mereka yang saya suka adalah Das Beste (The Best) dan Krieger Das Lichts (Light warrior).

Berbeda dengan lagu-lagu pop rock Wir sind Helden yang ceria, banyak lagu Silbermond lebih enak didengar saat-saat galau karena musiknya lebih ke slow rock.

Berge

Berge memiliki arti gunung. Duo Berge yang beranggotakan Marianne Neumann dan Rocco Horn ini berasal dari Berlin. Mereka memiliki cara pandang dan kepedulian yang sama terhadap bumi, kelestarian lingkungan, hewan dan kasih sayang antar sesama.

Mereka tuangkan semuanya ke dalam lagu-lagu yang mereka ciptakan untuk menyebarkan kepedulian dan nilai-nilai positif. Salah satu lagunya yang memiliki pesan yang sangat dalam adalah 10.000 Tränen (10.000 of tears). Lagu lainnya yang saya suka adalah Wir sind Frei (We are free).

Christina Stürmer

Waktu pertama kali mendengarnya, saya pikir penyanyi Jerman satu ini adalah orang Jerman. Tapi ternyata ia dan band-nya berasal dari Austria yang memang berbahasa Jerman juga. Lagu pertama yang bikin saya suka banget sama sama musiknya adalah Vorbei (Over).

Saking suka sama profil dan gaya Christina Stürmer, saya pernah potong rambut pendek se-Christina yang ada di video klip Vorbei 😅. Lagu-lagunya yang paling saya suka adalah yang ada di album pertamanya yaitu Schwarz Weiss (Black White) di tahun 2005.

Nah, itu tujuh penyanyi Jerman terkenal dan terfavorit versi saya yang bisa menambah referensi musikmu. Kalau kamu sedang belajar bahasa Jerman, pastinya dengan mendengarkan musik bisa menambah kosakata dengan cara yang menyenangkan. Nanti saya akan share lagi penyanyi Jerman lainnya yang tidak kalah keren dan enak lagu-lagunya.

Baca juga: 7 Menu Sarapan Pagi yang Simpel dan Unik dari Berbagai Negara di Dunia


 

Please follow and like:
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

error: Content is protected !!