7 Menu Sarapan Simple dan Unik dari Berbagai Negara di Dunia
Food & Travel

7 Menu Sarapan Pagi yang Simpel Berbagai Negara di Dunia

Hits: 44

Ada banyak menu sarapan pagi yang simpel di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Menu sarapan pagi di Indonesia sendiri ada banyak pilihan. Seperti nasi uduk, ketoprak, bubur ayam, bubur kacang sampai dengan pempek atau mie ayam yang disantap saat pagi hari.a.

Namun bagaimana kalau kita sedang liburan ke luar negeri? Tentunya saat liburan ke luar negeri kita enggak bisa menyantap menu sarapan pagi yang biasa kita makan. Traveling akan membuat diri merasa tertantang untuk mengeksplor tempat-tempat menarik, sekaligus mencicipi makanan tradisional. Salah satunya adalah menu sarapan pagi yang simpel dan unik dari berbagai negara di Indonesia.

Tamago Kake Gohan

7 Menu Sarapan Pagi yang Simpel Berbagai Negara di Dunia
Tamago Kake Gohan. Image via Wikimedia

Jepang terkenal dengan hidangan berbahan fresh atau mentah tersedia. Selain hidangan sushi dan sashimi yang terkenal, ada juga kuliner khas Jepang yang berbahan telur mentah. Hidangan ini dinamakan Tamago Kake Gohan.

Nasi putih yang ditambahkan telur mentah diatasnya sudah menjadi santapan sehari-hari masyarakat Jepang. Hidangan ini disantap dengan menambahkan shoyu (kecap asin khas Jepang). Tambahan topping lainnya adalah togarashi (bubuk cabe), furikake (bubuk seperti abon), atau nori.

Kalau kamu pergi ke Jepang, jangan takut untuk mencoba kuliner khas Jepang satu ini. Kualitas telur dan keamanan menyantap hidangan telur mentah ini dijamin oleh para produsen Jepang.

Telur-telur diberi tanggal kadaluarsa untuk dapat dimakan mentah. Sedangkan untuk mengurangi bakteri salmonela, telur-telur tersebut juga telah dipasturisasi. Tertarik untuk mencobanya?

Acar Ikan Herring

7 Menu Sarapan Pagi yang Simpel Berbagai Negara di Dunia
Acar Ikan Herring. Image by Matthias Lipinski from Pixabay

Kalau jalan-jalan ke negara Skandinavia khususnya Norwegia ada satu jenis ikan yang populer dan wajib untuk dicoba, yaitu ikan Haring/Herring. Saking populernya, ikan ini dibuat acar dan menjadi salah satu menu sarapan tradisional yang disajikan setiap pagi.

Biasanya acar ikan herring dimakan sama roti gandum, kentang rebus, irisan telur rebus, keju kambing, potongan bawang atau sour cream. Kalau ke Norwegia, jangan lewatkan untuk menyantap sarapan yang unik ini ya. Selain di Norwegia, kamu juga bisa menyantap ikan herring mentah di Belanda. Berani mencoba?

Wentelteefjes

7 Menu Sarapan Pagi yang Simpel Berbagai Negara di Dunia
Wentelteefjes. Image by megganrenaud from Pixabay

Wentelteefjes adalah sarapan tradisional khas Belanda. Roti panggang yang satu ini berbeda dengan roti panggang biasa. Sebelum dipanggang roti dicelupkan ke adonan yang berisi susu, telur, gula dan bubuk kayu manis.

Roti tersebut dipanggang dengan mentega sampai berwarna coklat dan kering. Setelah matang, wentelteefjes disajikan dengan taburan gula halus, bubuk kayu manis, atau stroop (sirup khas Belanda) beserta irisan buah-buahan.

Mmm… Sarapan pagi dengan yang manis-manis pastinya akan menambahkan energi untuk mengeksplor berbagai tempat di Belanda. Jangan lupa bekal air minum dengan tumblr atau botol minum yang bisa kamu isi ulang selama traveling ya.

Empanadas

7 Menu Sarapan Pagi yang Simpel Berbagai Negara di Dunia
Empanadas. Image by natha92_l03 from Pixabay

Pastry khas Venezuela ini sekilas mirip dengan roti pastel atau roti panada yang ada di Indonesia. Empanadas berasal dari kata empanar yang berarti menggulung atau menutup Terbuat dari tepung jagung, makanan yang satu ini memiliki berbagai macam isian seperti keju, kacang-kacangan, ikan, ayam, daging sapi, atau bahkan daging hiu.

Berbeda dengan Indonesia yang menyantap roti panada atau pastel dengan cabe rawit atau saus kacang, hidangan tradisional Empanadas ini paling enak dicocol dengan saus pedas, saus guacamole (alpukat) atau saus bawang putih.

Walau isi dan saus cocolannya berbeda dengan yang ada di Indonesia, kamu bisa menemui roti Empanadas di jalan. Jadi jangan takut kelaparan, makanan tradisional dan warisan budaya Venezuela ini bisa kamu cicipi jika berkunjung ke Venezuela.

Arepa

7 Menu Sarapan Pagi yang Simpel Berbagai Negara di Dunia
Arepa. Image via Wikimedia

Secara harafiah Arepa berarti kue jagung. Hidangan tradisional khas Kolombia yang sederhana ini disantap oleh masyarakat Kolombia pada pagi hari. Menu sarapan yang simpel dan 100% bebas gluten ini terbuat dari tepung jagung yang dipanggang atau digoreng.

Dilihat dari bentuknya yang pipih dan bulat, arepa seperti roti naan atau roti pita yang memiliki tekstur garing di luar namun lembut di dalam. Arepa memiliki rasa manis atau gurih. Untuk topping biasanya berupa olesan mentega, keju, sayuran, potongan daging sapi, atau daging ayam. Kalau bisa dibilang, sarapan ini adalah sandwich masyarakat Kolombia ya.

Arem-arem

7 Menu Sarapan Pagi yang Simpel Berbagai Negara di Dunia
Arem-arem. Image via Wikimedia

Ada banyak menu sarapan di Indonesia. Mulai dari nasi uduk, nasi goreng, nasi soto sampai dengan berbagai jenis gorengan yang enak tapi tidak sehat.

Namun, menu sarapan yang paling sederhana dan dapat dibawa dengan mudah adalah arem-arem. Hampir mirip dengan lontong, arem-arem selain biasanya dimakan pagi hari juga bisa menjadi kudapan di luar waktu makan.

Makanan yang dibungkus dengan daun pisang ini berisikan beras yang diaron dengan santan dan diisi dengan berbagai isian. Variasi isiannya dari sambal oncom, sayuran, sampai dengan daging cincang yang manis atau gurih. Pastinya menyantap satu atau dua buah buah arem-arem sudah cukup mengisi energi di pagi hari.

Pão de Queijo

7 Menu Sarapan Pagi yang Simpel Berbagai Negara di Dunia
Pão de Queijo. Image via Wikimedia

Pão de Queijo adalah roti keju bebas gluten yang berasal dari Brazil. Terbuat dari tepung tapioka, susu, margarin, telur dan keju, hidangan populer di pagi hari ini memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Wangi kejunya sangat menggoda saat keluar dari oven dan paling enak di santap selagi hangat.

Selain itu, Pão de Queijo juga bisa dimakan di pagi hari bersama kopi atau teh di pagi hari, atau dimakan dengan sup yang hangat. Selain menjadi menu sarapan, hidangan yang ringan ini juga bisa menjadi cemilan di sela-sela perjalananmu berwisata di Brazil.

Apakah kamu pernah mencoba menu sarapan pagi yang simpel atau unik lainnya saat traveling? Yuk share pengalaman kamu di kolom komentar di bawah ini.


 

Please follow and like:
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
samya miskad
August 14, 2019 12:28 PM

Artikel yg bermanfaat mbak lucky, blog yg eye catching dan apikk…keren banget. Nanti bkin versi sarapan wilayah2 indonesiaaa

Lucky Karina
August 15, 2019 1:50 PM
Reply to  samya miskad

Makasih mba Aya ^_^ … Noted mba untuk topik requestnya hehehe

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

error: Content is protected !!