5 Cara Kreatif untuk Melatih Kesabaran
Lifestyle,  Wellness

5 Cara Kreatif Melatih Kesabaran

Hits: 45

Banyak cara untuk melatih kesabaran, seperti mengubah cara pandang dan mencari solusi dari permasalahn, tapi juga ada cara kreatif melatih kesabaran yang bisa membuat kita lebih produktif. Pentingnya melatih kesabaran di saat kita emosi adalah untuk mengendalikan emosi yang ada di dalam diri kita di saat sesuatu tidak sesuai dengan ekspektasi.

Dengan cara kreatif melatih kesabaran, kita nggak hanya mengeluarkan energi negatif tapi juga bisa mengubahnya menjadi energi positif yang baik untuk tubuh kita. Selain kita bisa menjadi lebih sabar, kita juga bisa membuat suatu karya. Berikut adalah lima cara kreatif melatih kesabaran yang biasa saya lakukan:

Kaligrafi/Lettering

5 Cara Kreatif Melatih Kesabaran
Lettering Image by rawpixel from Pixabay

Menulis kaligrafi/lettering sangat berbeda dengan menulis pada umumnya. Biasanya ketika menulis kita tidak memikirkan teknik menulisnya; bagaimana tekanan dan ayunan dari alat tulis yang kita gunakan. Kalau menulis kaligrafi kita harus memperhatikan teknik penulisannya.

Seperti memperhatikan ritme ayunan serta tekanan pada alat tulis saat menggunakannya. Hal ini harus dilakukan agar dapat menghasilkan tulisan enak dibaca juga indah dipandang.

Dari dulu saya suka menulis buku harian, saya suka membuat kaligrafi/lettering, tapi karena seiring dengan kemajuan teknologi saya lebih banyak mengetik dibandingkan menulis dan menulis catatan dengan tulisan biasa saja. Enggak lama ini saya kembali melatih otot motorik tangan dengan mulai menulis kaligrafi/lettering lagi di catatan harian saya, sekaligus untuk melatih kesabaran diri.

Fotografi

5 Cara Kreatif Melatih Kesabaran
Image by Kiên Trịnh from Pixabay

Sekarang ini semakin mudah untuk menghasilkan banyak foto dan membagikannya ke teman maupun kerabat lewat media sosial. Namun untuk menangkap suatu momen yang berkesan dan juga memiliki keindahan di dalam satu frame tidaklah mudah. Hal inilah yang membuat saya tertarik dengan fotografi. 

Diperlukan kesabaran dalam mengamati keadaan dan juga kejelian untuk menangkap momen yang tepat agar sebuah foto memiliki sebuah arti. Dengan menangkap emosi dan keindahan tersebut, sebuah foto bukanlah sekedar gambar, tetapi sesuatu  yang dapat menyentuh hati bagi yang melihatnya. Selain itu orang lain juga dapat menginterpretasikan arti atau pesan tersirat di dalam foto tersebut masing-masing.

 

Doodling

5 Cara Kreatif Melatih Kesabaran
Image by pencil parker from Pixabay

Salah satu cara kreatif lainnya untuk melatih kesabaran adalah dengan doodling. Menggambar atau corat coret secara spontan dan dilakukan tidak teratur bisa mendorong seseorang untuk menciptakan sebuah karya seni.

Menggambar tidak harus memiliki bakat, bagi orang yang tidak mempunyai bakat pun bisa membuat suatu karya seni abstrak yang mewakilkan perasaannya yang juga bisa melepaskan stres. Biasanya saya menulis di catatan harian atau buku coretan saya dengan menambahkan doodle sebagai dekorasi.

Menulis

5 Cara Kreatif Melatih Kesabaran
Image by free stock photos from www.picjumbo.com from Pixabay

Melatih kesabaran dengan menulis baik itu menulis diary, puisi atau cerita bisa membantu seseorang mengeluarkan uneg-uneg dan melepaskan tekanan yang sedang dihadapinya. Apalagi untuk orang-orang introvert yang sulit mengeluarkan pendapat atau isi hatinya. Dengan menulis mereka bisa menumpahkan isi hati dan pikiran mereka secara bebas dibandingkan ketika mereka harus berbicara secara langsung.

Untuk terus mendorong saya tetap menulis kapan saja dan di mana saja adalah dengan membuat blog ini. Selain belajar menulis yang baik, saya juga banyak belajar banyak hal. Seperti berbagi informasi dan hal-hal yang saya sukai, menuliskan apa yang ada dipikiran saya, dan juga (mudah-mudahan) bisa menginspirasi teman-teman yang ingin menulis tapi masih bingung bagaimana memulainya.

Membaca buku

5 Cara Kreatif Melatih Kesabaran
Image by Olichel Adamovich from Pixabay

Dalam era digital ini semuanya terjadi dengan cepat. Beberapa hal kebiasaan yang dulu biasa dilakukan oleh banyak orang sudah jarang ditemui. Salah satunya adalah kebiasaan membaca buku, baik itu buku fisik maupun buku digital.

Sekarang lebih banyak orang membaca status atau caption orang lain di media sosial dibandingkan membaca buku. Padahal manfaat yang bisa didapatkan dengan membaca buku selain bisa melatih kesabaran, kita juga bisa menambah ilmu, melatih imajinasi dan fokus.

Selain buku saya juga banyak membaca artikel di media online maupun blog. Salah satu situs web yang rajin saya datangi adalah Quora.

Nah, lima cara kreatif di atas adalah cara kreatif melatih kesabaran yang bisa kita lakukan dan bisa membuat kita lebih produktif juga. Apakah kamu melakukannya juga? Atau kamu punya tips atau cara kreatif melatih kesabaran lainnya yang bisa ditiru oleh teman-teman lainnya?


 
Please follow and like:
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

error: Content is protected !!