Et Cetera,  My Thoughts

5 Alasan Menulis Blog

Hits: 28

Di era digital ini ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengasah skills. Salah satunya adalah dengan menulis blog untuk berlatih menulis. Sudah lama saya tertarik untuk membuat blog, tapi baru di tahun ini saya berhasil mengukuhkan diri untuk membuatnya. Selain untuk mengasah skill menulis saya, ada banyak alasan menulis blog. Berikut ini adalah lima alasan saya menulis blog: 

1. Menulis blog karena passion

5 Alasan Menulis Blog
Image by Free-Photos from Pixabay

Sebagai seorang INFP, saya bukan tipe orang yang pintar berbicara di depan banyak orang. Sejak kecil saya lebih senang membaca daripada berbicara. Mulai dari membaca majalah Bobo, komik Donald Bebek, komik Jepang sampai dengan membaca novel Agatha Christie. Dari kesenangan membaca itulah saya bercita-cita ingin menjadi penulis.

Dengan menulis saya bisa untuk mengungkapkan isi hati dan pikiran saya secara bebas. Diawali menulis buku harian untuk menuangkan uneg-uneg, menulis menjadi passion saya. Walau dulu saya kuliah dan bekerja bukan di bidang tulis menulis, saya selalu menyempatkan diri untuk menulis dan mengikuti lomba. Dari menulis itulah, saya mendapatkan dua kali kesempatan untuk mengikuti konferensi mahasiswa di luar negeri. 

Setelah beberapa tahun bekerja di bidang administrasi dan keuangan, saya memutuskan untuk berhenti dan mengurus ayah yang sedang sakit. Setelah sekian lama, saya memiliki kesempatan untuk menjadi content/copywriter selama 2 tahun lebih.

Kalau saya pikir-pikir lagi, kenapa saya bisa terjun dan bekerja sesuai dengan passion saya sekarang ini adalah karena passion akan selalu hadir menyapa dalam hidup. Tentunya keberanian adalah modal besar untuk mengambil kesempatan yang ada atau enggak. 

So, here I am following my passion. Walau belum konsisten mengisi blog saya sendiri, ini menjadi tantangan saya untuk lebih banyak belajar tentang dunia blogging dan melatih diri sendiri agar bisa menulis lebih baik lagi. 

2. Menulis blog itu menyenangkan

5 Alasan Menulis Blog
Image by Free-Photos from Pixabay

Dengan ngeblog banyak hal yang saya pelajari. Selain bebas merangkai kata-kata, ada hal-hal yang tentunya membuat ngeblog itu semakin menyenangkan. Seperti merancang tampilan website, niche, kategori, isi konten dan lain sebagainya.

Jujur, saya sangat awam dalam hal teknis membuat website, namun saya dituntut untuk membuat sebuah blog yang tampilannya nyaman untuk dilihat, mudah diakses, dan memiliki konten yang menarik.

3. Menulis blog bisa berbagi informasi

5 Alasan Menulis Blog
Image by StockSnap from Pixabay

Selain passion dan menyenangkan untuk saya lakukan, alasan saya yang lain adalah untuk berbagi. Dengan menulis blog, selain memiliki konten yang informatif tapi juga inspiratif dan bermanfaat bagi orang lain. Dengan begitu secara tidak langsung saya bisa membantu orang lain. Sharing is caring, right?

4. Semakin banyak menulis blog, semakin banyak belajar

5 Alasan Menulis Blog
Image by mohamed Hassan from Pixabay

Menulis blog bukan sekedar menulis saja. Sebelum menulis biasanya saya memikirkan apa yang ingin yang saya sampaikan berdasarkan pengalaman pribadi atau research. Kalau berdasarkan research, pastinya saya harus banyak membaca dan mengeksplor hal tersebut agar informasi yang saya sampaikan valid dan dapat bermanfaat bagi orang banyak.

5. Menulis blog bisa jadi profesi

5 Alasan Menulis Blog
Image by Kardono Kardono from Pixabay

Menjadi blogger mungkin tidak terbayangkan oleh saya selepas kuliah. Namun sekarang ini bekerja bisa dilakukan dari mana saja. Ada banyak peluang diciptakan dengan hanya bermodalkan koneksi internet. Jadi, menjadi blogger adalah peluang bagi saya untuk memasuki dunia tulis menulis sekaligus menjadi profesi baru bagi saya. 

Setiap orang memiliki impian, untuk mewujudkannya hanya diperlukan keberanian untuk mengambil langkah kecil. Saya ingat kutipan inspiratif dari Presiden Soekarno yaitu

“Gantungkan cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.” 

Karena impian saya menjadi penulis profesional, ngeblog menjadi langkah kecil saya dalam mengambil tantangan baru untuk konsisten merangkai kata.

Nah, itu adalah lima alasan kenapa saya menulis di blog. Kalau kamu punya blog, apa alasan kamu menulis di blog? Yuk share di kolom komentar ya. Kamu juga bisa mencantumkan blog kamu untuk bisa saya kunjungi ya 😉 Happy blogging, guys!


 

Enjoy this blog? Please follow *^_^*
error
What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error

Enjoy this blog? Please follow *^_^*

error: Content is protected !!